beritapalu.id
Sunday, 7 Dec 2025
🌐 Network
pojokPALU pojokPALU pojokSIGI pojokSIGI pojokPOSO pojokPOSO pojokDONGGALA pojokDONGGALA pojokSULTENG pojokSULTENG bisnisSULTENG bisnisSULTENG bmzIMAGES bmzIMAGES rindang.ID rindang.ID
Subscribe
beritapalu.ID
  • HOME
  • HEADLINE
  • PALU
  • SULTENG
    • Sigi
    • Poso
    • Buol
    • Tolitoli
    • Banggai
    • Morowali
    • Donggala
    • Tojo Unauna
    • Banggai Laut
    • Morowali Utara
    • Parigi Moutong
    • Banggai Kepualuan
  • BISNIS
  • POLITIK
  • LINGKUNGAN
  • OLAHRAGA
  • INSPIRASI
  • 🌐
  • Hukum-Kriminal
  • Seni-Budaya
  • Pendidikan
  • Kesehatan
  • Religi
  • Style
  • Region
  • Militer
  • Opini
  • Travel
  • Visual
  • Komunitas
📂 Lainnya ▼
Indeks Feature Advertorial Liputan Khusus
beritapalu.IDberitapalu.ID
Search
  • HOME
  • HEADLINE
  • PALU
  • SULTENG
    • Sigi
    • Poso
    • Buol
    • Tolitoli
    • Banggai
    • Morowali
    • Donggala
    • Tojo Unauna
    • Banggai Laut
    • Morowali Utara
    • Parigi Moutong
    • Banggai Kepualuan
  • BISNIS
  • POLITIK
  • LINGKUNGAN
  • OLAHRAGA
  • INSPIRASI
Have an existing account? Sign In
Follow US
© 2022 Foxiz News Network. Ruby Design Company. All Rights Reserved.
Bisnis

Strategi Pemasaran Wisata: Bangun Kepercayaan dan Pertumbuhan

Published: 9 May, 2025
Share
Danau Tambing yang berada di dalam kawasan Taman nasional Lore Lindu. (Foto: bmzIMAGES)
Danau Tambing yang berada di dalam kawasan Taman nasional Lore Lindu. (Foto: bmzIMAGES)
SHARE

JAKARTA, beritapalu | impact.com, platform manajemen kemitraan global, bekerja sama dengan Digital Travel Insights (oleh WBR), merilis laporan pemasaran travel perdananya bertajuk “Beyond the Booking: Where APAC Travel Brands Are Investing for Growth.”

Studi ini menghadirkan perspektif dari 100 pemimpin pemasaran di Asia Tenggara dan 1.200 wisatawan dari Singapura, Australia, dan Tiongkok, yang menggambarkan bagaimana bisnis dan konsumen menavigasi lanskap travel yang terus berubah.

Transformasi Pemasaran Wisata di Asia Pasifik

Laporan ini memberikan gambaran menyeluruh tentang bagaimana pelaku wisata mengembangkan strategi pemasaran mereka serta bagaimana konsumen menemukan dan membeli produk serta layanan terkait perjalanan.

Seiring dengan penurunan permintaan wisata pasca-pandemi, brand menghadapi tantangan seperti travel fatigue dan tekanan ekonomi, sehingga fokus utama kini bergeser ke retensi pelanggan (65%), dan pembangunan brand (64%).

Namun, banyak pemasar di Asia Tenggara masih memprioritaskan iklan online sebagai strategi utama meskipun kanal ini hanya dipercaya oleh 27% wisatawan Singapura dan 18% wisatawan Australia dalam mencari inspirasi pemesanan.

Untuk mengatasi biaya iklan yang meningkat dan persaingan yang semakin ketat, bisnis perlu mengalihkan investasi ke kanal yang lebih terpercaya seperti influencer, afiliasi, dan kolaborasi antar brand.

“Konsumen saat ini menginginkan kepercayaan, transparansi, dan keaslian. Mereka bergantung pada komunitas dan sumber informasi terpercaya dalam membuat keputusan pemesanan,” ujar Adam Furness, Managing Director APJ, impact.com.

“Brand yang sukses adalah yang mampu menyeimbangkan strategi akuisisi dengan retensi, serta membangun komunitas melalui kemitraan dengan afiliasi, influencer, dan customer advocate.”

Sorotan Utama Laporan

Wisatawan Asia Pasifik dikenal sebagai digital-savvy dan selektif, dengan rekomendasi dari teman dan mulut ke mulut menjadi faktor utama dalam pemesanan perjalanan: Singapura (62,5%); Australia (67,5%); Tiongkok (75%).

Situs perbandingan (74%), OTA (65%), program loyalitas (51%), dan media sosial (31%) berperan penting dalam keputusan wisatawan, menunjukkan perlunya kehadiran brand di berbagai touchpoint agar dapat membimbing konsumen sepanjang perjalanan pembelian mereka.

Peran Kemitraan dalam Mendorong Pertumbuhan

Laporan itu menyebut, 68% wisatawan Singapura, 72% wisatawan Tiongkok, dan 59% wisatawan Australia lebih mempercayai situs ulasan dan perbandingan. Brand dapat menyematkan tautan afiliasi di konten travel untuk menangkap niat pembelian sejak awal perjalanan pengambilan keputusan.

Saat ini, lebih dari 1 dari 4 pemasar (27%) masih bergantung pada OTA dan agregator untuk menjangkau wisatawan dengan niat beli tinggi. Namun, dengan komisi yang mencapai hingga 30%, banyak brand mulai meninjau ulang alokasi anggaran mereka.

25% pemasar melihat pemasaran afiliasi sebagai area yang terus berkembang, berkat model berbasis kinerja yang hanya membayar mitra saat ada pemesanan—serta menjawab kebutuhan konsumen akan cashback, program loyalitas, dan diskon.

Di Mana Pelaku Wisata Memperkuat Investasi

Pemasar masih fokus pada iklan online (27%) dan OTA (28%), tetapi pemasaran afiliasi (15%) dan influencer (11%) semakin memainkan peran penting. Sekitar 45% wisatawan Singapura, 50% wisatawan Australia, dan 59% wisatawan Tiongkok mempercayai afiliasi saat merencanakan perjalanan mereka. 63% wisatawan Singapura, 68% wisatawan Australia, dan 75% wisatawan Tiongkok mempercayai influencer sebagai sumber informasi perjalanan. (afd/*)

Editor: beritapalu

TAGGED:asia pasifikpariwisatastrategi pemasaran
Share This Article
Facebook Whatsapp Whatsapp LinkedIn Email Copy Link
Previous Article Satgas Madago Raya Gandeng Pendeta di Sigi dalam Pencegahan Radikalisme
Next Article Untuk Bumi, MAPALA Pawana Tanam 250 Mangrove di Mamboro Barat

Berita Terbaru

Ilustrasi
Uncategorized

Dinilai Tidak Transparan, AJI Tolak Anugerah Dewan Pers 2025

7 December, 2025
Wawali Palu Imelda Lilianan Muhidin (tengah jongkok) pada peluncuran Jamila di Palu, Minggu (7/12/2025). (©Prokopim Setda Kota Palu)
Bisnis

Pemkot Palu Luncurkan Program Jamila, Jual Cabai dan Tomat Murah

7 December, 2025
Operasi pencarian nelayan yang dilaporkan hilang di perairan Morowali, Minggu (7/12/2025). (©Basarnas Palu)
Morowali

Seorang Nelayan Dilaporkan Hilang di Perairan Morowali

7 December, 2025
Penyerahan bantuan kemanusiaan dari Pemkot Palu ke Pemkot Padang Pariaman di Padang, Jumat (5/12/2025). (©Prokopim Setda Kota Palu/Fandi)
Nusantara

Pemkot Palu Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana di Padang Pariaman

7 December, 2025
Sejumlah pemain memainkan teater berjudul 'Kapten Cuma Mau Pulang' yang disutradaria Annisa Saskia Putri pada Festival Teater Indonesia di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (6/12/2025). (©bmzIMAGES/Basri Marzuki)
Palu

FTI 2025 Digelar di Palu, Hadirkan Kelompok Teater dari Berbagai Daerah

7 December, 2025

Berita Populer

Foto

10 Pemuda Cetuskan Kawasan Wisata Alam Buntiede di Desa Padende

25 October, 2021

Pelaku Pembunuhan di Taman Ria Akhirnya Ditangkap Polisi

28 July, 2021
Komunitas

Tak Ada Perempuan, Sikola Mombine “Gugat” SK Penetapan Anggota KPID Sulteng

10 January, 2022
Morowali Utara

Perahu Terbalik Dibawa Arus, Seorang Warga masih Dicari

14 December, 2021
Parigi Moutong

Banjir di Sidoan Barat Seret Seorang Warga

3 January, 2022

Logo BeritaPalu.id Akurat dan Terpecaya

Komitmen kami terhadap akurasi, netralitas, keberimbangan, dan penyampaian berita terkini telah membangun kepercayaan dari banyak audiens. Terdepan dengan pembaruan terkini tentang peristiwa, tren, dan dinamika terbaru.
FacebookLike
XFollow
InstagramFollow
YoutubeSubscribe
TelegramFollow
WhatsAppFollow
LinkedInFollow
MediumFollow
QuoraFollow
- Advertisement -
bmzimages.combmzimages.com

Dapatkan Info Terbaru

Masukkan email Anda untuk mendapatkan pemberitahuan artikel baru

Berita Terkait

Petugas menyerahkan tabung Bright Gas kepada warga yang melakukan penukaran tabung di Pasar Murah, Mapolresta Palu, Jumat (5/12/2025). (©bmzIMAGES/Basri Marzuki)
Bisnis

Layanan Tukar Tabung Elpiji Gratis di Palu Disambut Warga

beritapalu
Wawali Imelda berdialog dengan petani saat meninjau pertanian tomat di Boyasoge, Palu, Jumat (5/12/2025). (©Prokopim Setda Kota Palu/Jufri)
Bisnis

Wawali Palu Tinjau Lahan Pertanian Tomat dan Cabai, Harga Tomat Stabil

beritapalu
Wawali Kota Palu Imelda mengecek ayam-ayam petelur di salaha satu peternakan di Layana, Palu, Jumat (5/12/2025). (©Prokopim Setda Kota Palu/Jufri)
Bisnis

Wawali Palu Sidak Distributor Telur, Pastikan Stabilitas Pasokan Jelang Nataru

beritapalu
Wawali Kota Palu Imelda Lilianan Muhidin (kedua kanan) pada rapat TPID di Palu, Kamis (4/12/2025). (©Prokopim Setda Kota Palu/Jufri)
Bisnis

Pemkot Palu Siapkan Pasar Bergerak di Empat Gereja

beritapalu
beritapalu.ID
Facebook Twitter Youtube Instagram Linkedin

About US

beritapalu.ID adalah situs berita online berbasis di Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia. UU No.40/1999 dan Kode Etik Jurnalistik adalah panduan kami. Kecepatan memang penting, tapi akurasi pemberitaan jauh lebih penting. Kami berpihak kepada kebenaran dan kemaslahatan orang banyak dan idak semua berita yang disajikan mewakili pikiran kami. 

Managerial
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontak
  • Karir
Kebijakan
  • Disclaimer
  • Kode Perilaku
  • Privacy Policy
  • Kode Etik Jurnalistik
  • Pedoman Media Siber
  • Indeks Berita

Kunjungi kami di

https://bmzimages.com

© 2025 by beritapalu.ID

PT Beritapalu Media Independen
All Rights Reserved.

Copyright © 2025 beritapalu.ID | Published by PT Beritapalu Media Independen | All Rights Reserved
Halaman
Welcome Back!

Sign in to your account

Username or Email Address
Password

Lost your password?