beritapalu.id
Friday, 26 Sep 2025
🌐 Network
pojokPALU pojokPALU pojokSIGI pojokSIGI pojokPOSO pojokPOSO pojokDONGGALA pojokDONGGALA pojokSULTENG pojokSULTENG bisnisSULTENG bisnisSULTENG bmzIMAGES bmzIMAGES rindang.ID rindang.ID
Subscribe
beritapalu.ID
  • HOME
  • HEADLINE
  • PALU
  • SULTENG
    • Sigi
    • Poso
    • Buol
    • Tolitoli
    • Banggai
    • Morowali
    • Donggala
    • Tojo Unauna
    • Banggai Laut
    • Morowali Utara
    • Parigi Moutong
    • Banggai Kepualuan
  • BISNIS
  • POLITIK
  • LINGKUNGAN
  • OLAHRAGA
  • INSPIRASI
  • 🌐
  • Hukum-Kriminal
  • Seni-Budaya
  • Pendidikan
  • Kesehatan
  • Religi
  • Style
  • Region
  • Militer
  • Opini
  • Travel
  • Visual
  • Komunitas
📂 Lainnya ▼
Indeks Feature Advertorial Liputan Khusus
beritapalu.IDberitapalu.ID
Search
  • HOME
  • HEADLINE
  • PALU
  • SULTENG
    • Sigi
    • Poso
    • Buol
    • Tolitoli
    • Banggai
    • Morowali
    • Donggala
    • Tojo Unauna
    • Banggai Laut
    • Morowali Utara
    • Parigi Moutong
    • Banggai Kepualuan
  • BISNIS
  • POLITIK
  • LINGKUNGAN
  • OLAHRAGA
  • INSPIRASI
Have an existing account? Sign In
Follow US
© 2022 Foxiz News Network. Ruby Design Company. All Rights Reserved.
Bisnis

Strategi Pemasaran Wisata: Bangun Kepercayaan dan Pertumbuhan

Last updated: 9 May, 2025 2:19 pm
beritapalu
Share
Danau Tambing yang berada di dalam kawasan Taman nasional Lore Lindu. (Foto: bmzIMAGES)
Danau Tambing yang berada di dalam kawasan Taman nasional Lore Lindu. (Foto: bmzIMAGES)
SHARE

JAKARTA, beritapalu | impact.com, platform manajemen kemitraan global, bekerja sama dengan Digital Travel Insights (oleh WBR), merilis laporan pemasaran travel perdananya bertajuk “Beyond the Booking: Where APAC Travel Brands Are Investing for Growth.”

Studi ini menghadirkan perspektif dari 100 pemimpin pemasaran di Asia Tenggara dan 1.200 wisatawan dari Singapura, Australia, dan Tiongkok, yang menggambarkan bagaimana bisnis dan konsumen menavigasi lanskap travel yang terus berubah.

Transformasi Pemasaran Wisata di Asia Pasifik

Laporan ini memberikan gambaran menyeluruh tentang bagaimana pelaku wisata mengembangkan strategi pemasaran mereka serta bagaimana konsumen menemukan dan membeli produk serta layanan terkait perjalanan.

Seiring dengan penurunan permintaan wisata pasca-pandemi, brand menghadapi tantangan seperti travel fatigue dan tekanan ekonomi, sehingga fokus utama kini bergeser ke retensi pelanggan (65%), dan pembangunan brand (64%).

BACA JUGA:  Pertamina Klaim Antrean Solar Sepi Setelah Penerapan Scan QR Code

Namun, banyak pemasar di Asia Tenggara masih memprioritaskan iklan online sebagai strategi utama meskipun kanal ini hanya dipercaya oleh 27% wisatawan Singapura dan 18% wisatawan Australia dalam mencari inspirasi pemesanan.

Untuk mengatasi biaya iklan yang meningkat dan persaingan yang semakin ketat, bisnis perlu mengalihkan investasi ke kanal yang lebih terpercaya seperti influencer, afiliasi, dan kolaborasi antar brand.

“Konsumen saat ini menginginkan kepercayaan, transparansi, dan keaslian. Mereka bergantung pada komunitas dan sumber informasi terpercaya dalam membuat keputusan pemesanan,” ujar Adam Furness, Managing Director APJ, impact.com.

“Brand yang sukses adalah yang mampu menyeimbangkan strategi akuisisi dengan retensi, serta membangun komunitas melalui kemitraan dengan afiliasi, influencer, dan customer advocate.”

Sorotan Utama Laporan

BACA JUGA:  Peserta Togean Half Marathon 2024 Membeludak

Wisatawan Asia Pasifik dikenal sebagai digital-savvy dan selektif, dengan rekomendasi dari teman dan mulut ke mulut menjadi faktor utama dalam pemesanan perjalanan: Singapura (62,5%); Australia (67,5%); Tiongkok (75%).

Situs perbandingan (74%), OTA (65%), program loyalitas (51%), dan media sosial (31%) berperan penting dalam keputusan wisatawan, menunjukkan perlunya kehadiran brand di berbagai touchpoint agar dapat membimbing konsumen sepanjang perjalanan pembelian mereka.

Peran Kemitraan dalam Mendorong Pertumbuhan

Laporan itu menyebut, 68% wisatawan Singapura, 72% wisatawan Tiongkok, dan 59% wisatawan Australia lebih mempercayai situs ulasan dan perbandingan. Brand dapat menyematkan tautan afiliasi di konten travel untuk menangkap niat pembelian sejak awal perjalanan pengambilan keputusan.

Saat ini, lebih dari 1 dari 4 pemasar (27%) masih bergantung pada OTA dan agregator untuk menjangkau wisatawan dengan niat beli tinggi. Namun, dengan komisi yang mencapai hingga 30%, banyak brand mulai meninjau ulang alokasi anggaran mereka.

BACA JUGA:  Komitmen pada Bisnis Berkelanjutan, PT Vale Diganjar Penghargaan

25% pemasar melihat pemasaran afiliasi sebagai area yang terus berkembang, berkat model berbasis kinerja yang hanya membayar mitra saat ada pemesanan—serta menjawab kebutuhan konsumen akan cashback, program loyalitas, dan diskon.

Di Mana Pelaku Wisata Memperkuat Investasi

Pemasar masih fokus pada iklan online (27%) dan OTA (28%), tetapi pemasaran afiliasi (15%) dan influencer (11%) semakin memainkan peran penting. Sekitar 45% wisatawan Singapura, 50% wisatawan Australia, dan 59% wisatawan Tiongkok mempercayai afiliasi saat merencanakan perjalanan mereka. 63% wisatawan Singapura, 68% wisatawan Australia, dan 75% wisatawan Tiongkok mempercayai influencer sebagai sumber informasi perjalanan. (afd/*)

TAGGED:asia pasifikpariwisatastrategi pemasaran
Share This Article
Facebook Whatsapp Whatsapp LinkedIn Email Copy Link
Previous Article Satgas Madago Raya Gandeng Pendeta di Sigi dalam Pencegahan Radikalisme
Next Article Untuk Bumi, MAPALA Pawana Tanam 250 Mangrove di Mamboro Barat

Berita Terbaru

Pelaku menyiram istrinya dengan bensin pada rekonstruski suami bakar isteri di mapolresta Palu, Kamis (25/9/2025). (©Humas Polresta Palu)
Hukum-Kriminal

Polresta Palu Rekonstruksi Kasus Pembakaran Istri di Palu

25 September, 2025
Kapolres Parigi Moutong, AKBP Hendrawan melhat kondisi siswa yang diduga keracunan setelah mengkonsumsi MBG di SMA Taopa Parigi Moutong, Kamis (25/9/2025)). (©Humas Polres Parimo)
Kesehatan

Polres Parimo Selidiki Dugaan Keracunan Massal MBG di Taopa

25 September, 2025
Kapolda Sulteng, Irjen Pol Agus Nugroho (kiri) saat sidak di SPPG Polda Sulteng di Palu, Kamis (25/9/2025). (©Humas Polda Sulteng)
Kesehatan

Kapolda Sulteng Sidak ke SPPG di Palu

25 September, 2025
Warga memadati arena pasar murah yang digelar dua hari di Lapangan Dispora Kota Palu, Kamis (25/9/2025). (©Prokopim Setda Kota Palu/Jufri)
Bisnis

Pasar Murah Dua Hari di Lapangan Dispora Kota Palu

25 September, 2025
Pengunjukrasa membawa pamplet pada unjukrasa memperingati Hari Tanisonal di gepan kantor Gubernur Sulteng, Selasa (24/9/2025). (©bmzIMAGES/basri marzuki)
Komunitas

Hari Tani Nasional, SP Palu Tuntut Pencabutan UU Cipta Kerja

25 September, 2025

Berita Populer

Foto

10 Pemuda Cetuskan Kawasan Wisata Alam Buntiede di Desa Padende

25 October, 2021

Pelaku Pembunuhan di Taman Ria Akhirnya Ditangkap Polisi

28 July, 2021
Komunitas

Tak Ada Perempuan, Sikola Mombine “Gugat” SK Penetapan Anggota KPID Sulteng

10 January, 2022
Morowali Utara

Perahu Terbalik Dibawa Arus, Seorang Warga masih Dicari

14 December, 2021
Parigi Moutong

Banjir di Sidoan Barat Seret Seorang Warga

3 January, 2022

Logo BeritaPalu.id Akurat dan Terpecaya

Komitmen kami terhadap akurasi, netralitas, keberimbangan, dan penyampaian berita terkini telah membangun kepercayaan dari banyak audiens. Terdepan dengan pembaruan terkini tentang peristiwa, tren, dan dinamika terbaru.
FacebookLike
XFollow
InstagramFollow
YoutubeSubscribe
TelegramFollow
WhatsAppFollow
LinkedInFollow
MediumFollow
QuoraFollow
- Advertisement -
bmzimages.combmzimages.com

Dapatkan Info Terbaru

Masukkan email Anda untuk mendapatkan pemberitahuan artikel baru

Berita Terkait

Wawali Imelda Liliana Muhidin membeli sayuran di pasar Tani di Lapangan Vatulemo, Selasa (23/9/2025). (©bmzIMAGES/basri amrzuki)
Bisnis

Wawali Imelda Borong Sayuran di Pasar Tani

beritapalu
Wali Kota Palu Hadianto Rasyid menerima kunjungan Direktur Komersial Bank Tabungan Negara (BTN) Hermita bersama rombongan di ruang kerja Wali Kota Palu, Selasa (23/9/2025), (©Prokopim Setda Kota Palu/Jufri)
Bisnis

Bank BTN Jajaki Kerjasama Layanan Digital dengan Pemkot Palu

beritapalu
Foto bersama jajaran direksi PT Vale Indonesia usai RUPSLB di Jakarta, Selasa (23/9/2025). (©PT Vale Indonesia)
Bisnis

PT Vale Indonesia Tetapkan Perubahan Susunan Direksi Melalui RUPSLB

beritapalu
Warga menerbangkan layang-layang pada pembukaan Festival LayanganDOnggala di Banwa, Selasa (23/9/2025). (©Tangkaapn layar)
Donggala

256 Peserta dari 13 Daerah Ramaikan Festival Layangan Donggala

beritapalu
beritapalu.ID
Facebook Twitter Youtube Instagram Linkedin

About US

beritapalu.ID adalah situs berita online berbasis di Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia. Berlandaskan prinsip-prinsip jurnalisme dan memegang teguh kode etik jurnalistik. Kecepatan memang penting, tapi akurasi pemberitaan jauh lebih penting. Kami berpihak kepada kebenaran dan kemaslahatan orang banyak, kami juga punya persepsi sendiri untuk menerjemahkannya. Tidak semua berita yang disajikan mewakili pikiran kami. 

Managerial
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontak
  • Karir
Kebijakan
  • Disclaimer
  • Kode Perilaku
  • Privacy Policy
  • Kode Etik Jurnalistik
  • Pedoman Media Siber
  • Indeks Berita

Kunjungi kami di

https://bmzimages.com

© 2025 by beritapalu.ID

PT Beritapalu Media Independen
All Rights Reserved.

Copyright © 2025 beritapalu.ID | Published by PT Beritapalu Media Independen | All Rights Reserved
Halaman
Welcome Back!

Sign in to your account

Username or Email Address
Password

Lost your password?